Kamis, 18 September 2014

IeSPA - INDONESIA e-SPORTS ASSOCIATION

Tentang Kami

Kami adalah asosiasi e-Sports Indonesia yang ingin membina dan memajukan olahraga digital di Indonesia. Asosiasi ini akan menjadi wadah komunitas gamer Indonesia, yang tertarik untuk mengembangkan dan ingin mencapai pretasi tertinggi di e-Sports. Awal berdirinya IeSPA diprakasai oleh komunitas gaming dari beberapa kalangan, baik dari provider game, forum game, dan beberapa klan gaming di Indonesia.
Sekilas IeSPA

IeSPA (Indonesia e-Sports Association) atau Asosiasi e-Sports Indonesia dimulai dari sebuah ide dan gagasan terinspirasi dari perkembangan industri e-Sports di dunia yang berkembang dengan pesat sejak tahun 2000-an. Kegiatan gaming yang awalnya hanya sekedar hobi berkembang menjadi sebuah industri yang menjanjikan bagi seluruh stakeholders didalamnya.

Pentingnya sebuah asosiasi yang mewadahi komunitas dan stakeholders lainnya menjadi sangat penting saat ini. Di beberapa negara yang industri e-Sportsnya sudah maju seperti Swedia, Taiwan, China, Korea, Singapore, asosiasi e-sports di negara tersebut sepenuhnya didukung oleh pemerintah negara melalui berbagai kementerian. Oleh karena fakta tersebut, IeSPA didirikan dan sepenuhnya kami merasa perlu mencari dukungan dari pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebagai pelindung melalui FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) sebagai pembina.

IeSPA paling tepat berada dibawah FORMI dikarenakan bidang e-Sports merupakan salah satu kegiatan rekreasi bagi masyarakat. IeSPA kedepannya akan menjadi wadah resmi satu-satunya bagi komunitas dan stakeholders di bidang e-sports, yang diakui dan dilindungi oleh pemerintah untuk memajukan industri e-sports di Indonesia melalui penyelenggaraan event pertandingan, workshop, seminar,dll.

Selain telah didukung oleh FORMI, IeSPA saat ini juga telah menjadi anggota IeSF (International e-Sports Federation). Setiap ada event dan pertemuan yang diadakan oleh IeSF, IeSPA akan diikutsertakan dan bisa berpartisipasi dengan mengirimkan delegasi untuk mengikuti cabang-cabang e-sports yang dipertandingkan secara internasional.

Saat ini IeSPA masih dalam tahap audiensi dengan pihak KOI (Komite Olimpiade Indonesia), untuk mencari dukungan memasukkan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade.
Visi dan Misi

Visi IeSPA:
Terwujudnya Indonesia sebagai negara yang berprestasi dan disegani di bidang e-Sports.

Misi IeSPA:
1. Mendorong terciptanya semangat berkompetisi yang sehat bagi warga negara Indonesia melalui bidang e-Sports.
2. Menciptakan hubungan yang kuat dan saling menguntungkan antar pemangku kepentingan di bidang e-Sports.
3. Mendorong bertumbuhnya komunitas dan industri e-Sports di Indonesia.
4. Aktif berpartisipasi dalam pengembangan e-Sports di dunia.

Sumber : http://www.iespa.or.id/about.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar